Turki Ancam akan Gempur Suriah Jika Lindungi Kurd

By Redaktur Berita-Z 20 Feb 2018, 13:30:20 WIBInternasional

Turki Ancam akan Gempur Suriah Jika Lindungi Kurd

Keterangan Gambar : Pasukan Turki dan milisi Suriah pro-Turki mencoba mengambil alih bukit Bursayah yang memisahkan Afrin yang dikuasai Kurdi dengan Kota Azaz, Suriah yang dikuasai Turki, 28 Januari 2018. Hampir sebulan operasi militer Turki berlangsung di Afrin. Foto: AP Pho


 

BERITAZ.COM, ANKARA -- Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu memperingatkan Pemerintah Suriah agar tidak mengintervensi operasi militer di wilayah Afrin. Ia mengatakan, Turki tak akan segan menghantam pasukan pemerintah Suriah bila mereka melindungi dan mendukung milisi Kurdi di wilayah tersebut.

Peringatan oleh Cavusoglu ini muncul setelah media pemerintah Suriah menerbitkan laporan yang menyebut pasukan pro-pemerintah akan memasuki Afrin.

Kehadiran mereka di sana adalah untuk mendukung kelompok Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) memerangi tentara Turki. Bantuan militer ini diberikan pemerintah setelah mencapai kesepakatan dengan YPG. Namun tak disinggung secara terperinci perihal isi kesepakatan tersebut.

Turki pun segera merespons laporan tersebut dengan memperingatkan pemerintah Suriah. "Jika rezim (Suriah) masuk melindungi YPG, maka tidak ada yang bisa menghentikan kita, menghentikan Turki atau tentara Turki," ujar Cavusoglu.

Wakil Perdana Menteri Turki Bekir Bozdag juga menanggapi laporan media Pemerintah Suriah. Menurutnya isi laporan tersebut masih sumir karena tak terkonfirmasi oleh pihak atau otoritas yang berwenang di sana.

Kendati demikian, Bozdag tetap menyatakan, dukungan terhadap kelompok Kurdi di Afrin akan menjadi sebuah bencana bagi wilayah tersebut.

Seorang pejabat Kurdi Suriah tak membantah kebenaran laporan media pemerintah Suriah. Ia mengatakan memang akan ada penempatan pasukan di sejumlah titik di Afrin. "Tentara akan mengerahkan beberapa wilayah perbatasan untuk berkoordinasi dengan YPG dan Pasukan Demokratik Suriah," ujarnya.

"Tentara akan membentuk posisi militer di daerah perbatasan dan kesepakatannya adalah bahwa tentara Suriah dan YPG akan membela Suriah bersama-sama," kata pejabat Kurdi Suriah tersebut menambahkan.

Pasukan Demokratik Suriah adalah kelompok sekutu Amerika Serikat (AS) yang dipimpin YPG. Koalisi militer ini telah memenangkan serangkaian pertempuran melawan milisi ISIS di Suriah.

Pertengahan Januari lalu, Turki memulai operasi militer di wilayahAfrin, Suriah. Turki mengklaim operasi ini dilakukan untuk menumpas kelompok teroris dan milisi Kurdi yang mendiami wilayah tersebut.

Adapun kelompoknya antara lain YPG, PKK (Partai Pekerja Kurdistan), KCK (Persatuan Komunitas Kurdistan), dan PYD (Partai Persatuan Demokratik Suriah).

 

Sumber : AP



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jual Kolom Praktis Surabaya

    thanks for sharing, if u need a KOLOM PRAKTIS or other constructions stuff , just ...

    View Article
  • jasa seo jakarta

    display situsnya sangat menarik... salam... ...

    View Article
  • 먹튀신고

    LA Times <a href="http://xn--tv-mg8i.com/">꽁머니</ a> can be played ...

    View Article
  • Google Book

    terimakasih banyak pak, semoga sehat selalu ...

    View Article